Rabu, 28 Desember 2011

Xanana ajak pengusaha Indonesia investasi ke Timor Leste

KUPANG - Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao mengajak pengusaha Indonesia untuk menanamkan investasinya di negara tersebut untuk memperkokoh hubungan bilateral kedua negara di bidang ekonomi dan perdagangan.

"Kalau Philipina, Jepang, China dan negara-negara lain di kawasan Asia Pacific yang letaknya jauh dari Timor Leste, saat ini terus berusaha untuk menanamkan modalnya di negara baru itu, mengapa Indonesia negara tetangga terdekat tidak tertarik melakukan hal yang sama di Timor Leste," kata Xanana hari ini.

Ajakan Xanana itu terungkap ketika menyempatkan diri melakukan pertemuan bersama pengusaha asal Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara di Atambua, ibu kota Kabupaten Belu, sebelum melanjutkan perjalannnya dari Oecusse Distric Ambeno menuju Dili Timor Leste.


Menurut Xanana setelah merdeka selama kurang lebih 11 tahun, yang dilakukan pertama selain penataan kembali hubungan ke dalam dan luar negeri, negara bekas jajahan Portugis itu juga berkonsentrasi memperbaiki dan menyiapkan infrastruktur serta fasilitas lain yang berhubungan dengan penamaman modal.

Di antaranya adalah jalan, air, listrik dan telepon serta kepastian kepemilikan hak atas tanah termasuk mempromosikan produk-roduk unggulan ke luar negeri untuk menarik investor ke wilayah itu dan hasilnya mulai nampak saat ini, meskipun belum sesukses seperti di negara-negara lain, termasuk di Indonesia, katanya.

Mengenai jaminan keamanan dan regulasi serta kebijakan lain yang dipertanyakan para pengusaha dalam dialog itu, Xanana mengatakan tidak ada masalah.

Khusus untuk regulasi bagi pengusaha telah disiapkan dan segera akan disosialisasikan kepaa para pengusaha melalui Konsul Diplomatik Timor Leste yang ada di Kupang untuk pengusaha lokal yang ada di wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Ia mengatakan Timor Leste telah lama membuka jalur kemitraan dengan pengusaha lokal yang ada di perbatasan yang memiliki kesamaan bahasa dan budaya, sehingga mempermudah akses masyarakat di pedalaman Timor Leste untuk melakukan aktivitas.

Karena kehadiran pengusaha termasuk para kontraktor akan sengat membantu dimana tenaga kerja terserap dan dampak positif lainnya yang diperoleh warga Timor Leste dengan kehadiran pengusaha lokal itu.

"Saat ini Timor Leste masih bergulat dengan masalah pengangguran dalam negeri yang semakin hari semakin menambah barisan panjang pengangguran di negara itu, sehingga kehadiran pengusaha sebagai solusi terbaik karena akan sangat membantu," demikian Xanana Gusmao. http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=137319:xanana-ajak-pengusaha-indonesia-investasi-ke-timor-leste&catid=16:internasional&Itemid=29

Tidak ada komentar:

Posting Komentar