Kamis, 12 Mei 2011

Deputi PM Timor Tolak Pusat Suaka

DILI - Rencana Pemerintah Australia untuk menjadikan Timor Leste sebagai pusat penahanan bagi para pencari suaka yang datang ke Negeri Kanguru, makin mendapat tentangan. Setelah sebelumnya Parlemen Timor Leste, kini giliran Deputi PM Timor Leste yang menolak proposal tersebut.

"Timor Leste bukan koloni dari negara lain. Kami memiliki kedaulatan sendiri, rakyat kami memiliki hak untuk memutuskan apapun yang mereka inginkan," ungkap Deputi PM Timor Leste Mario Vegas Carrascalao, seperti dikutip AFP, Rabu (14/7/2010).

Lebih lanjut mantan Gubernur Timor Timur di Era Soeharto tersebut menambahkan, jika dirinya tidak ingin pemerintahan negara lain mendikte Timor Leste. Menurutnya negara muda tersebut sudah merdeka dan tidak ingin menjadi bonek dari negara manapun.

Sebelumnya PM Australia Julia Gillard mengatakan, jika pihaknya saat sedang melakukan negosiasi dengan Pemerintah Timor Leste, mengenai proposal ini. PM Gillard menginginkan Timor Leste dijadikan sebagai pusat penahanan bagi para pencari suaka yang datang ke Australia. 

Meski telah mendapat penolakan dari pihak parlemen dan Deputi PM Timor Leste, Presiden Jose Ramos Horta dan Perdana Menteri Xanana Gusmao sepertinya bersedia untuk mempertimbangkan usul Australia tersebut. 
PM Gillard sendiri bersikeras untuk mendapatkan persetujuan dari Horta dan Gusmao mengenai proposal ini. http://international.okezone.com/read/2010/07/14/18/353015/deputi-pm-timor-tolak-pusat-suaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar