Selasa, 31 Januari 2012

Polisi PBB Tewas Tenggelam di Perairan Timor Leste

ATAMBUA, KOMPAS.com - Seorang anggota polisi PBB asal Pakistan Letnan Kamran Khan yang sehari hari bergabung dalam tim Satgas Pengaman Perbatasan Timor Leste - Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/9/2011) pagi tewas setelah tenggelam di perairan pantai di sekitar Mota Ain. Lokasi musibah itu masuk wilayah Timor Leste.                 
Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Hukum dan HAM NTT, Ramlee Siahaan, Jumat (2/9/2011) jelang malam mengakui, korban adalah satu dari 13 anggota polisi PBB. Mereka, Kamis pagi sempat berhubungan dengan Wijai Umar, petugas Imigrasi Atambua, NTT, di Mota Ain, pintu utama perlintasan NTT - Timor Leste atau sebaliknya.
Maksud kedatangan belasan polisi PBB itu meminta izin petugas Imigrasi Atambua di Mota Ain agar mereka bhsa mandi mandi sambil rekreasi di perairan pantai sekitar Mota Ain wilayah NTT. Namun permintaan itu ditolak karena mereka tidak membawa serta dokumen lengkap.               
Karena pemintaan ditolak, korban bersama 12 rekannya mundur dan memarkir dua mobil tumpangan mereka di Batugade, Timor Leste, tidak jauh dari tapal batas Mota Ain.
"Mereka tetap meneruskan niatnya mandi mandi di pantai, namun di perairan wilayah Timor Leste di sekitar tapal batas itu," tutur Ramlee Siahaan setelah memperoleh penjelasan dari petugas lapangannya, Wijai Umar.
              
Karena letaknya tidak jauh, perjalanan kelompok polisi PBB itu tetap bisa disaksikan dari dari Pos Imigrasi Atambua di Mota Ain. Di sekitar bibir pantai wilayah Timor Leste itu mereka menemukan sampan yang sedang ditambat. Sampan itu langsung didorong ke laut, namun hanya tujuh di antaranya yang menumpang sesuai kapasitas sampan, sementara enam lainnya terpaksa hanya rekreasi di bibir pantai.              
Dikisahkan, ketika sudah di laut ketujuh polisi PBB tampak berfoto ria. Mungkin karena keasyikan, sampan tiba tiba oleng lalu terbalik dan tenggelam.
"Tujuh polisi itu semuanya tenggelam, namun satu di antaranya yang asal Pakistan Kamran Khan), nyawanya tidak tertolong. Korban kemudian diangkut ke Batugade dan informasi selanjutnya tidak diketahui lagi," demikian Ramlee. http://internasional.kompas.com/read/2011/09/02/18115411/Polisi.PBB.Tewas.Tenggelam.di.Perairan.Timor.Leste

Tidak ada komentar:

Posting Komentar