Kamis, 10 November 2011

Pencemaran Laut Timor Diduga Akibatkan Warga Sakit

Jakarta - Ratusan warga pesisir Nusa Tenggara Barat terkena penyakit yang diduga akibat pencemaran Laut Timor. Direktur Yayasan Peduli Timor Barat (YPTB) Ferdi Tanoni mengatakan warga mengalami gatal-gatal dan mual dengan tanda bercak merah dan putih di sekujur tubuh. Kata Ferdi, saat ini warga sedang menunggu hasil pemeriksaan dari Rumah Sakit Kupang untuk memastikan penyabab penyakit itu.
“Badannya gatal-gatal merah-merah keputih-putihan seperti itu, kaya kudisan begitu. Namun mereka mengaku penyakitnya sebelumnya tidak ada, namun setelah mereka makan ikan muncul ini. Bila kita lihat berdasarkan pengalaman di Alaska setelah pencemaran itu setelah 2 hingga 5 tahun baru muncul penyakit-penyakit itu.”

Direktur YPTB Ferdi Tanoni mengklaim penyakit ini mirip dengan yang terjadi di daerah tercemar lainnya seperti di Alaska, Amerika Serikat, maupun di Teluk Buyat Sulawesi Utara.

Laut Timor tercemar akibat ledakan kilang minyak Montara pada 21 Agustus 2009 dan hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai proses ganti rugi yang akan dijanjikan perusahaan PTTEP Austaralasia.http://www.kbr68h.com/berita/nasional/13818-pencemaran-laut-timor-diduga-akibatkan-warga-sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar