Selasa, 03 September 2013

Presiden Timor Leste mengaku kagum dengan SBY

Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak mengaku kagum dengan sosok Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia menilai SBY telah berupaya membangun persahabatan antara Indonesia dan Timor Leste, serta mendukung negaranya menjadi bagian dari dunia internasional.

Atas alasan itu, Taur Matan Ruak ingin mengundang SBY mengunjungi negaranya untuk kesekian kali. Sebelumnya, SBY sudah pernah mengunjungi negara tersebut saat Taur tengah menjalani pelantikannya menjadi presiden kedua Timor Leste.

"Hari ini, saya menggunakan kesempatan ini mengundang Presiden SBY agar mengunjungi Timor Leste sekali lagi sebelum presiden sudah tak lagi menjadi presiden. Ini kekaguman kita kepada kepemimpinan SBY yang telah berupaya keras untuk mendukung Timor Leste untuk terintegrasi dunia kita, dan membantu Timor Leste untuk membangun dan mengembangkan ekonominya dan menjadi suatu negara yang menjaga keberlangsungannya suatu negara dan negara pisah yang memiliki potensi bagi negaranya," jelas Taur dalam bahasa Portugis di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (21/6).


Sebagai bukti penguatan hubungan antara kedua negara, lanjut Taur, Timor Leste telah menyepakati tiga perjanjian. Tak hanya itu, dia juga berjanji selama menjabat sebagai presiden akan memperkuat hubungan antara rakyat Indonesia dengan warga negaranya.

"Hubungan ini yang berasal dari hubungan politik untuk terus kedepan, dan hari ini saya ingin sampaikan kepada semuanya bahwa perkembangan apa hubungan yang kita inginkan apa yang dicapai 10 tahun oleh Timor Leste merasa bangga, dan menyampaikan terima kasih kepada semuanya oleh pemerintah Indonesia yang telah diberikan kepada Timor Leste," tandasnya.

Pada kesempatan itu pula, dia menyatakan peran Indonesia dalam membantu proses perdamaian di Timor Leste selaku negara yang lepas pasca jajak pendapat lalu patut menjadi contoh bagi dunia. Atas alasan itu, Taur mengungkapkan keinginannya untuk mendukung seluruh kebijakan luar negeri Indonesia.

"Saya sekali lagi ingin sampaikan terima kasih kepada Presiden SBY atas segala kebaikannya, perhatiannya dan agar diberikan kepada Timor Leste sebagai negara yang 10 tahun kita menjadi suatu negara adik, adik yang lebih muda, saya ingin sampaikan apresiasi kepada Indonesia atas kemurahannya kepada Indonesia. TL tidak pernah bisa membayar utang baik kepada Indonesia dan kita akan dukung semua upaya Indonesia," pungkasnya.http://www.merdeka.com/peristiwa/presiden-timor-leste-mengaku-kagum-dengan-sby.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar